• Kontak Kami
  • Hotline : 08123456789
  • SMS : 08123456789
  • BBM : ABC12345

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
INFO 1 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 2 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 3 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 4 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 5 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya.
Beranda » Uncategorized » BERBAGAI PENYAKIT ANGGREK DAN SOLUSINYA

BERBAGAI PENYAKIT ANGGREK DAN SOLUSINYA

Ditambahkan pada: 7 Juli 2015 / Kategori:
BERBAGAI PENYAKIT ANGGREK DAN SOLUSINYA
Kode : -
Stok :
Dilihat : 23 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang BERBAGAI PENYAKIT ANGGREK DAN SOLUSINYA kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi BERBAGAI PENYAKIT ANGGREK DAN SOLUSINYA

Bunga anggrek hias yang banyak disukai masyarakat adalah bunga yang berkualitas. Bentuk bunganya elok, warna tangkai dan mahkota bunganya tanpa bercak, tidak ada lubang-lubang seeprti habis dimakan serangga ataupun ulat, juga aromanya yang sangat khas. Bunga anggrek yang sehat selain keindahan fisiknya dapat dinikmati dalam waktu yang lama namun juga menambah nilai esteteika dan harganya.

Bunga anggrek yang sehat akan lebih tahan lama ketimbang bunga anggrek yang berpenyakit. Banyak orang yang tidak menyadari ketika anggrek hias yang dipelihara terkena hama atau penyakit dikarenakan minimnya pengetahuan tentang penyakit-penyakit apa saja yang menghinggapi anggrek hias. Banyak orang pula yang tidak atau belum benar-benar megetahui apa saja ciri-ciri anggrek berpenyakit. Sealin cirri-ciri khusus, penyakit anggrek pun bermacam-macam dan solusi untuk setiap penyakit pastinya berbeda.

Apa saja penyakit yang dapat menjangkiti anggrek hias?

Bagaimana solusi untuk mengatasi penyakit-penyakit anggrek tersebut?

Penyakit-penyakit pada tanaman anggrek beragam jenisnya. Ada beberapa tanda-tanda khusus yang dapat dilihat dari fisik anggrek dan kita harus teliti memeriksa anggrek hias kita setiap hari. Itu kita lakukan agar saat menemukan tanda-tanda anggrek yang dipelihara terkena penyakit maka aka nada kesigapan untuk memcahkan solusinya. Anggrek yang tidak dicermati setiap hari sampai terkena penyakit akan membuatnya cepat layu dan bahkan mati.

Berikut adalah contoh berbagai jenis penyakit yang terdapat atau biasa menjangkiti anggrek dan solusinya:

Penyakit bercak coklat
Tanda-tanda: Terdapat bercak coklat pada permukaan daun dan biasanya bercak tersebut menyebar ke seluruh permukaan tanaman. Bercak coklat penyakit pada anggrek tentu saja berbeda pada bercak sebagai corak. Penyakit ini dapat mudah dilihat karena bercak yang merupakan penyakit biasanya timbul di daun, bukan di mahkota bunga anggreknya.

Solusi: Buanglah semua bagian yang terkena penyakit lalu semprotkan fungisida atau jenis antibiotic Streptomycin atau Physan 20.

Penyakit Cymbidium
Tanda-tanda: awalnya hanya berupa bercak kekuningan kemudian timbul jaringan mati berbintik, bergaris atau lingkaran. Penyakit ini sering terjadi pada anggrek jenis Cattleya dan dapat menyebabkan tanaman hias tersebut mati.

Solusi: tidak ada obat khusus untuk mengobati penyakit ini namun pengendaliannya hanya bersifat pencegahan dengan membuang bagian tanaman yang sakit, serta mensterilkan segala alat yang dipakai.

Penyakit busuk lunak
Tanda-tanda: daun dan akar terlihat membusuk serta berbau tidak sedap. Penyakit ini sangat cepat meluas hamper ke seluruh permukaan tanaman namun khusus hanya terdapat padapada rhizoma dan umbi batang, penyebarannya lumayan agak lambat.

Solusi: peralatan kebun harus steril, bagian yang sakit dipotong kemudian dibuang. Semprotkan Physan 20 dan pot tanaman disemprot dengan formalin dengan kadar sekitar 4 %.

Penyakit busuk
Tanda-tanda: Munculnya bintil-bintil kecil berwarna coklat pada bagian tanaman yang terkena penyakit busuk ini. Bintil-bintil ini bukan corak warna yang dibawa tanaman anggrek yang dihibridisasi namun penyakit yang dapat kita lihat dari beberapa bagian anggrek.

Solusi: pada bagian tanaman yang sakit dipotong kemudian dibuang agar tidak menyebar ke seluruh bagian tanaman. Media tanaman dan seluruh pot didesinfektan atau disterilkan dari penyakit dengan larutan formalin 4 % ataupun fungisida/antibiotik Natrippene 0,5 % selama 1 jam.

Penyakit busuk hitam
Tanda-tanda: munculnya warna kehitaman pada pangkal daun kemudian tanaman anggrek hias yang ditanam dan dihinggapi penyakit ini akan melunak dan busuk lalu pada akhirnya daun akan mati.

Solusi: semprotkan fungisida seperti Baycor Dithane M-45, Benlate, Ferban, Physan, Truban atau Banrot. Untuk yang berbentuk tepung gunakan dosis 2 gram/2 liter air. Cara ini akan mengobati penyakit busuk hitam pada anggrek. Cermati dan teliti anggrek anda agar tidak terkena penyakit ini.

Penyakit bercak bercincin
Tanda-tanda: timbul atau terdapat lingkaran atau garis-garis kekuningan pada permukaan daun tanaman anggrek hias. Penyakit ini disebabkan oleh Penyebab: virus TMVO (Tobacco Mozaic Virus Odontoglos-sum).

Solusi: tidak ada obat khusus untuk penyakit anggrek yang satu ini. Pengendalian penyakit bercak bercincin hanya dapat dilakukan dengan pencegahan yaitu dengan segera membuang bagian tanaman yang sakit serta menstrerilkan semua alat potong yang ada.

Beberapa penyakit pada anggrek tidak selalu ada karena hama namun dapat juga terjadi akibat alat potong yang digunakan kurang bersih atau steril. Alat potong dan pemeliharaan tanaman anggrek harus diperhatikan secara detail dan cermat. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Setelah mengetahui beberapa penyakit pada tanaman hias anggrek ini, seyogyanya para pencinta anggrek dapat mencegah anggreknya agar tidak terjangkit penyakit supaya dapat tetap tumbuh subur dan berkembang sesuai dengan keinginan.

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai beberapa penyakit anggrek dan solusi pencegahan dan pengobatannya. Semoga bermanfaat. Pertanyaan dan pemesanan anggrek hias dapat melalui nomor telepon yang tertera di website ini.

Belum ada review untuk BERBAGAI PENYAKIT ANGGREK DAN SOLUSINYA

Silahkan tulis review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*







SIDEBAR