• Kontak Kami
  • Hotline : 08123456789
  • SMS : 08123456789
  • BBM : ABC12345

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
INFO 1 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 2 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 3 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 4 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 5 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya.
Beranda » Informasi Unik » Grammatophyllum speciosum: Jawaranya Kelas Berat Dunia

Grammatophyllum speciosum: Jawaranya Kelas Berat Dunia

Ditambahkan pada: 8 Februari 2016 / Kategori:
Kode : -
Stok :
Dilihat : 126 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Grammatophyllum speciosum: Jawaranya Kelas Berat Dunia kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Grammatophyllum speciosum: Jawaranya Kelas Berat Dunia

Pohon Anggrek Terbesar serta Terberat di Dunia

Anggrek tebu

Jika pada umumnya anggrek tampil anggun dan berukuran imut, ini dia si jawara kelas berat dari dunia anggrek. jawara ini bernama grammatophyllum speciosum atau sering pula disebut-sebut dengan nama g. papuanum yang jadi di antara variannya. tanaman ini tersebar luas dari sumatera, kalimantan, jawa, sampai papua. oleh lantaran itu, tidak heran apabila banyak ditemukan varian-varian nya dengan wujud tanaman serta corak bunga yang sedikit tidak sama. di dalam satu rumpun dewasa, tanaman ini bisa meraih berat kian lebih 1 ton serta panjang malai bunga sampai 3 meter dengan diameter malai lebih kurang 1, 5-2 cm. itulah penyebab malai bunganya dapat menyangga beberapa puluh kuntum bunga berdiameter 7-10 cm. dari corak bunganya. penduduk lokal kerap menjulukinya dengan sebutan anggrek macan…akan namun sebutan ini kerap rancu dengan kerabatnya, grammatophyllum scriptum yang mempunyai corak sama. oleh karena itu, anggrek ini popular juga dengan sebutan jadi anggrek tebu, lantaran sosok batang tanamannya yang menyerupai batang pohon tebu. walau persebarannya cukup luas…anggrek ini justru hadapi ancaman serius dari perburuan tidak teratasi dan rusaknya habitat. sosok pohonnya yang amat besar gampang tampak oleh beberapa pemburu, ditambah lagi waktu memunculkan bunganya yang mencolok. belum lagi perkembangbiakan alami di habitat dengan biji amatlah sukar dihandalkan lantaran lambatnya laju perkembangan dari fase biji sampai meraih tanaman dewasa yang siap berbunga. barangkali perihal inilah yang mendasari kenapa anggrek ini jadi di antara species anggrek yang dilindungi.

Ciri utama anggrek tebu adalah ukurannya yang besar. Malai dapat tumbuh mencapai ketinggian 2,5 – 3 meter dengan diameter sekitar 1,5-2 cm. Dalam setiap malai bisa memiliki puluhan, bahkan mencapai seratus kuntum bunga yang masih-masing bunga berdiameter sekitar 10 cm. Sosok batangnya ini memang mirip dengan tebu lantaran itu kemudian anggrek ini terkenal sebagai anggrek tebu.

Bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong dari batangnya bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan 2 bulan.

Persebaran dan Konservasi. Tanaman anggrek tebu tersebar secara alami mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga New Guinea. Di Indonesia anggrek tebu tersebar ulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Tanaman bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) tumbuh di sela-sela atau pangkal pohon besar di daerah dataran rendah yang beriklim tropis. Anggrek tebu membutuhkan sinar matahari langsung.

Keunikan dan langkanya tanaman anggrek terbesar dan terberat ini membuat anggrek tebu menjadi salah satu anggrek yang dilindungi di Indonesia.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Liliopsida Ordo: Asparagales Famili: Orchidaceae Subfamili: Epidendroideae Suku: Cymbidieae Genus: Grammatophyllum Spesies: Grammatophyllum speciosum.

Nama Binomial: Grammatophyllum speciosum ( Blume 1825). Nama Indonesia: Anggrek tebu

jadi penggemar anggrek, tentu anggrek ini akan jadi di antara “most wanted” didalam daftar koleksi. supaya perburuan liar pada anggrek ini di habitatnya bisa dikendalikan, jadi beberapa langkah budidaya dengan vegetatif ataupun generatif mesti selekasnya diberdayakan. terlebih anggrek ini populer amat gampang menumbuhkan tunas dari stek bulbnya. sekurang-kurangnya, membudidayakannya dengan vegetatif atau beli bibit anggrek tebu hasil perkembangbiakan vegetatif ( tunas dari stek bulb ) bisa jadi di antara usaha memelihara kelestarian anggrek alam indonesia.

Belum ada review untuk Grammatophyllum speciosum: Jawaranya Kelas Berat Dunia

Silahkan tulis review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*







SIDEBAR